Jumat, 23 Juni 2017

Taobao!




Hi! Kali ini aku mau share pengalaman aku beli baju di Taobao. Aku belum pernah pake ezbuy atau semacamnya sih cuman aku biasanya beli lewat agent. Agent-agent tersebut paling gampang carinya di facebook yang biasa buka Pre-Order costum atau wig untuk cosplay ada beberapa yang mau melayani pembelian non-cosplay. Kalau via agent biasanya bisa order dari website Taobao dan Tmall kalau yang lain tergantung dari agentnya kali yah. Untuk sistem pembayarannya pun bisa DP dulu lalu menunggu 3-4 minggu untuk via laut, kalau via udara mungkin bisa lebih cepat. Sebenarnya kalau kalian paham dunia logistik, untuk shipping dari port China untuk sampai masuk Indonesia kurang lebih sih 2 minggu udah sampai, yang membuat lama itu pengiriman dari Seller China ke gudang Agent di China apalagi kalau kalian pesan dari banyak store.

Untuk produk Taobao sendiri harganya sangat murah dan model bajunya juga beragam.  Tapi ada juga sih yang mahal-mahal, ya harga sesuai dengan kualitasnya deh. Bakal ada banyak baju yang dijual di bawah harga yang kita kira tetapi kualitas barangnya belum tentu bagus. Kalau menurut pengalamanku sih baju untuk harga RMB 30 sudah lumayan kualitas produknya.

Aku pernah order bomber jaket harganya RMB 25 (dari harga RMB 28.88) aku tanya di agen harganya kena IDR 165.000 belum ongkos kirim dari gudang Indonesia ke alamat tujuan. Setelah datang kualitas produknya sedikit agak mengecewakan sih, bahannya tipis dan ukurannya agak kekecilan. Waktu itu juga tidak sempat bandingkan harga dengan agent lain jadi kenanya mahal, harusnya RMB 25 kalau ditempat lain bisa lebih murah dari IDR 165.000 (apalagi kalau kalian belinya banyak bisa dapat potongan karena yang bikin mahal itu sebenarnya ongkos kirim Seller China ke gudang Agent di China).

Karena aku sangat baik hati dan tidak pelit aku mau share store Taobao yang pernah aku order khusus untuk baju-baju aja yah:

  • AMJ

Aku sering banget sih beli baju disini karena harganya kadang lebih murah dan jarang dapat produk dengan kualitas jelek. Harga baju yang dijual kurang lebih RMB 30, kalau lagi ada promo bisa sekitar RMB 25. Tapi kalau seperti jaket harganya pasti lebih mahal.

  • Monroe

Kalau di store ini aku baru sekali order sih salah satunya jaket jeans, harga nya RMB 42, harga dari agent sekitar IDR 200.000. Kualitasnya oke sih, cuman barangnya agak bau seperti terlalu lama di gudang (?) dan kurasa itu maklum karena murah. Tapi overall lumayan bagus. Varian produk hampir sama dengan AMJ dan harganya kadang lebih mahal sedikit dari AMJ.

  • YTRXHBNZ

Di store ini aku beli bomber jaket yang aku sebut tadi. Harga produknya murah banget kalau diskon bisa di bawah RMB 20, dan harganya rata-rata dibawah AMJ dan Monroe, tapi ya begitulah kualitasnya sesuai dengan yang dibayarkan. Mungkin ada beberapa yang bagus kualitasnya di store ini. Tapi jarang banget update produk baru.

  • Forefront

Aku pernah sekali beli celana jeans di store ini produknya lumayan bahanya tidak terasa murahan. Varian bajunya sedikit lebih beragam dari AMJ dan harganya juga setara dengan AMJ, mungkin sedikit lebih murah cuman ongkos kirimnya aja kalau di Agent aku lebih mahal. Tapi itu relatif sih, tergantung dari letak gudang Agent kamu di China.


Kalau kamu merasa kurang cocok dengan daftar store yang aku share, kamu bisa cari di youtube dengan keyword Taobao Haul, disana ada beberapa youtuber yang mau share link produknya. Buat kamu yang masih ragu untuk belanja di Taobao aku bakal bikin post untuk review baju-baju yang pernah aku beli di Taobao.

Kalau kamu juga ragu pake Agent di facebook (karena rawan penipuan), kamu bisa pake jasa ezbuy dengan copy paste link produk yang ingin kamu beli (bukan rekomendasi dari ezbuynya)

Oh ya kalau mau beli barang di Taobao pastikan storenya udah punya reputasi minimal yang bentuk diamond, kalau paling bagus sih bentuk mahkota dan jangan lupa untuk cek testimoni dari yang udah beli produk tersebut untuk memastikan kualitas produk tersebut. Karena terkadang meskipun di store yang terpercaya bisa aja dapat baju dengan kualitas yang cukup mengecewakan. Karena satu produk bisa di jual oleh banyak store dan kualitasnya bisa berbeda (meskipun foto etalasenya sama). Kalau juga ada yang bingung gimana carinya karena website tersebut berbahasa mandarin, manfaatkan fitur google translate! :)


See you next post ~

Share with the world:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi! Jangan lupa centang box kecil sebelum submit comment ya, biar kamu dapat notification balasan dari aku.. Mumuci~

 
Designed by Beautifully Chaotic