Minggu, 09 November 2014

[CURCOL] Cosplay Costume

     Halo sodara-sodara yang terkasih terutama teman-teman yang suka cosplay. Kali ini diriku mau curcol, setelah sekian lama kupendam rasa ini mungkin harus ku ungkapkan.
     Jadi ini bermula pada saat diriku mau cosplay untuk pertama kalinya. Pengen costreet aja sih di event Chocodays 2013 karena diriku masih newbie. Waktu itu diriku berencana cosplay si mbak heroine dari Amnesia (bukan yang game horor yha.. BUKAN!!)


     Jadi ceritanya mau cosplay seperti diatas. Karena kalo pesen di taobao eman kemahalan di ongkir, maka dari itu diriku berencana buat kostum ini di salah satu olshop facebook yang kalo dilihat dari facebooknya sih trusted gitu. Testimoni nya bagus-bagus, dari kaskus juga sepertinya.
     Online Shop ini harga tiap pembuatan kostum berbeda-beda, tergantung dari bahan dan kerumitan desain, diriku tanya-tanya nih kira-kira baju yang seperti gambar diatas biayanya berapa, dianya kasi 3 harga dari yg 100k an sampai 400k (yang paling bagus). Diriku sempat tanya pakai bahan apa saja kalau yang 400k, dia bilangnya sih bahannya pasti bagus, okelah aku pesan deh yang 400k an dengan perjanjian kurang lebih 1 bulan sudah jadi ( diriku lupa pesennya bulan juni kalo ga juli). Hari itu juga ku transfer DP nya.
     Sabar menunggu kostum selesai, eh.. molor. Status facebooknya bilang kalau lagi kebanyakan order jadi kira-kira selesenya bakal lebih lama. Diriku chat itu owner nya supaya punyaku jangan dikerjakan terburu-buru, santai aja soalnya diriku mau hasilnya bagus (maap yha karena ganti hp chat history ga tersimpan *faktor geram juga sih*).
     Akhirnya setelah galau menunggu selama 2 bulan, lunasi kekurangan bayar, akhirnya paketan tiba. Dengan girang kubuka isi paket dan.. 






     Demi apa coba, diriku syok!!! Sungguh!! Astaga barang yang kutunggu 2 bulan dan kubayar 400k ternyata hasilnya seperti ini. Bentuk rok nya ga rata, bahan kainnya keliatan banget ini seperti kain kiloan, jahitannya seperti itu ngasalnya, dan di balik kain ini terdapat banyak sekali coretan menggunakan bolpen. Dipandang sekilas saja ndak mungkin orang ngira ini seharga 400k. Diriku coba kontak ownernya, aku kirim foto ini dan sedikit protes karena diriku sudah keluar duit 400k malah dapet kostum ndak layak pakai ini -.-.. Bukannya perkataan maaf yang dilontarkan, si owner malah merasa tidak bertanggung jawab karena yang mengerjakan kostum ini pegawainya. Si owner pun tetap ngeyel kalo itu semua tanggung jawab diriku dan dia malah bela pegawainya itu. Astaga!

     Semenjak pada saat itu diriku udah ga mau bikin kostum di online shop. Walaupun testimoninya bagus, harga dan perjanjiannya menarik tapi belum menjamin lho kalau barang yang kita order sesuai dengan yang diinginkan.
     Diriku mau berbagi tips nih buat para calon-calon cosplayer yang masih belum baru, polos nan lugu dalam memesan kostum:
  1. Cari online shop yang trusted, pernah sekolah desain atau minimal memang bener-bener bisa menjahit.
  2. Selidiki riwayat di facebooknya, kalau ada masalah entah itu karena pernah ditipu pegawai atau difitnah pokoknya memiliki masalah, mending jangan order di situ (walaupun masalah tersebut sudah selesai).
  3. Ketika memesan tanya sedetail-detailnya. Pakai bahan apa, full set apa tanpa accessories, selesainya kapan dll.
  4. Mungkin testimonialnya meyakinkan, tapi harus tetap WASPADA ya :3
  5. Buat ngukurnya kalian tanya dulu butuh ukuran apa aja trus bisa ke tukang jahit dipinggir jalan atau dekat rumah minta tolong ukurin. Kadang bayar, kadang gratis sih hehe..
     Kalau mau aman, bisa cari penjahit di kota masing-masing yang biasa buat kostum aneh-aneh. Coba tanya teman atau kenalan cosplayer yang sekota tentang info penjahit. Biasanya pasti ada kok, kalau di surabaya ada nih penjahit yang biasa bikin baju lolita yang ruwet di daerah Surabaya Barat tapi hanya temanku yang ngerti jalan ke sana nya :'(
     Semoga posting ini bermanfaat yha~ Maap kepanjangan *yah namanya juga curcol*. Sampai berjumpa di posting selanjutnya ~

Share with the world:

8 komentar:

  1. Waduh, itu memang gak kayak 400ribu u____u

    Temen aku si Alex cosplayer juga, dan kalau gak salah dulu pernah ngamuk di fb karena kostumnya gak jadi bla bla bla, jangan2 olshopnya sama .___.

    BTW, agak menyimpang, kamu tau gak penjahit terpercaya yang bisa menjahitkan baju2 macam zara gitu? XD aku kalau ke zara gak pernah dapat ukurannya, kebesaran semua #headdesk tapi aku naksir berat sama salah satu roknya #gelundungan jadi kupikir, jahit sendiri mungkin bisa kali ya, tapi gak punya langganan penjahit u___u kalau ada, info yeeeee~ #kisu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiks iah cece.. sakit ati eke pas nrima barang nya.. temen cc pesen di orang bandung kah?? Kalo yang aq pesen ini orang bandung ce, salah satu anggota komunitas apa gt..

      Hmm penjahit zara yha.. hmm belum pernah nyoba sih tapi nantik tak cariken wkewkekwke diriku uk xs d zara juga masi kekecilan ce ;A; sedih.. dlu pernah beli replica bener" mirip tp olshop ;A;
      okaayyyy nanti q infoin wekwkewke

      Hapus
    2. Ga tau kalau ini LOL ga tanya juga sih orang mana, cuman pernah lihat aja temen ngomel2 di FB hihihi...

      Kalau ada info, kabar2in yaaak~ thenkyuuu~

      Hapus
  2. Parah banget X( .... Hasilnya jauh banget sama yang di foto.. Tuh owner ga punya mata kali! OMG ! Bikin sakit ati... Harusnya dibuka nama ol shopnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kan parah banget.. Aku juga udah protes kok 400k kok hasilnya begini, kata dia yang buat costum q pegawainya, sudah d sortir juga kata dia.. Itu di balik costumnya ada coretan" pake bolpen banyak banget..
      Mungkin hoki" an yang order di situ soalnya banyak testi positifnya hmm..

      Hapus
  3. LOL jauh banget. Penipuan itu sih. Boleh tau ga ka nama olshopnya apa? soalnya aku lagi survey cari olshop cosplay gitu. talutnya nanti malah sama wakaka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas ;(.. Saya dulu order di Kaze shop, gataudeh sekarang sudah bener apa ndak

      Hapus
  4. Mau dong info alamat / kontak penjahit yg d surabaya ituuu 😳

    BalasHapus

Hi! Jangan lupa centang box kecil sebelum submit comment ya, biar kamu dapat notification balasan dari aku.. Mumuci~

 
Designed by Beautifully Chaotic